Jumat, 29 April 2016

Aplikasi E-Business (Food and Drink)

Ide Aplikasi E-Business
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
MEMBUAT IDE E-BUSINESS “Food and Drink”



KELOMPOK 4

1.      ANDRIAS ANDI
2.      GEMA AGUNG D.
3.      FAHMI ASH SHIDIQ
4.      KARTIKA SEKAR A.
5.      RAPHAELA MEDISA


S1 ADMINISTRASI BISNIS
FAKULTAS KOMUNIKASI & BISNIS
UNIVERSITAS TELKOM
2016

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1     PENGERTIAN E-BUSINESS

E-Business adalah kegiatan transaksi , jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis melalui kegiatan elektronik/internet , dan juga perusahaan dapat berhubungan langsung dengan customer-nya , rekan bisnis ataupun supplier. E-business juga bisa berupa iklan , mengajak seseorang untuk membeli produk kita . tanpa E-business , E-commerce hanyalah burung tanpa sayap. Salah satu fungsi nya adalah untuk mensupport bagian dari marketing , produksi , accounting , finance dan HRM. Lebih tepatnya perusahaan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan. 
E-business dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok :  
           ·                Customer Relationship Management (CRM)  
Strategi bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan , pendapatan dan kepuasan pelanggan
·         Enterprise Resource Planning (ERP) 
Strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang digunakan untuk koordinasi Sumber daya , informasi yang digunakkan untuk proses bisnis. 
·         Enterprise Application Programs (EAI) 
Strategi bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan saling bertukar data.
·         Supply Chain Management (SCM)  
             Strategi Manajemen rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi. 
1.2     KELEBIHAN E-BUSINESS
    a.                   Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi 
    b.                   Memberikan nilai bisnis yang berbeda 
    c.                   Efisien 
    d.                  Peningkatan produktivitas dan keutungan 
1.3     KEKURANGAN E-BUSINESS: 
 a.              Tingkatan kriminal dalam networking yang sering terjadi menyebabkan
turunnya tingkat kepercayaan masyarakat dalam berbisnis di internet. 
 b.              Dalam hal networking suatu koneksi internet sangat dominan. Jika ada kesalahan atau masalah internet maka web itu tidak dapat diakses, dan tidak menutup kemungkinan data yang telah didapat, lenyap.  
1.4     PERANAN E-BUSINESS: 
 E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-Business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. 

1.5     PENGERTIAN E-COMMERCE:

Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.       
1.6     KELEBIHAN E-COMMERCE: 
            a.          Praktek kerja yang lebih fleksibel 
            b.                   Terhubungnya masyarakat dengan masyarakat lain 
            c.                   Kemudahan akses fasilitas publik   
1.7     KEKURANGAN E-COMMERCE:
           a.                   Berkurangnya interaksi antar manusia 
           b.                   Kesenjangan sosial 
           c.          Adanya sumber daya yang terbuang


BAB 2

ISI 

2.1     LATAR BELAKANG

Jasa sering dipandang sebagai suatu fenomena yang rumit. Kata jasa itu sendiri mempunya banyak arti, dari mulai pelayanan pribadi sampai jasa sebagai suatu produk. Sebenarnya banyak pakar mengemukakan mengenai apa itu jasa, seperti yang dikemukakan oleh kotler (2004) dalam Rambat Lupianto (2013) mendefinisikan bahwa “ Jasa adalah setiap tindakan dan kegiatan yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lain, pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksi jasa mungkin berkaitan dengan produk fisik atau tidak.”
Banyak sekali contoh dari usaha jasa itu sendiri seperti: Jasa Reparasi, Delivery, Salon, Rumah Sakit, sekolah dan juga transportasi yang pada kesempatan ini kami pilih untuk kami angkat dalam food delivery  usaha jasa yang kami jalankan.
Dengan didukung banyaknya jumlah masyarakat yang tidak sempat membeli bahkan memasak makanan karena sibuk pada kegiatannya. Maka usaha jasa mengantarkan makanan sangat dibutuhkan karena jasa ini memberi kemudahan kepada konsumennya yang memakai jasa tersebut.
F&D adalah suatu jasa pengiriman makanan yang beroperasi di Bandung khususnya lingkungan universitas Telkom sejak tahun 2016, F&D merupakan pionir penyedia jasa layanan pengiriman makanan profesional. Berusaha menawarkan faktor kecepatan, keamanan, dan kenyamanan bagi para pelanggannya. Bisa dibilang F&D pengiriman makanan yang cocok dimanfaatkan untuk mengantarkan makanan, minuman, dessert dan sebagainya. Terutama bagi yang tidak ada waktu untuk memasak dan malas berpegian keluar. Kamilah solusinya.

2.1     KELEBIHAN

Beberapa kelebihan yang dimiliki F&D diantaranya menjadi pelopor layanan pengiriman makanan online di tanah air dengan merek yang mudah diingat, mengerti benar tentang pasar lokal, dan hanya fokus di layanan pengiriman makanan. Kelebihan F&D diantaranya :
·                     Aman, karena setiap penjual dan konsumen F&D harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua dapat dilacak dengan mudah.
·                     Efektif serta efisien bagi konsumen maupun penjual. Dari sisi perusahaan, tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar pajak.
·                     Dari sisi penjual, mendapatkan bagi hasil 70% dari penghasilan kotor. Karena itulah mengapa penjual F&D dapat berpenghasilan sesuai dengan penjualan pengiriman makanan tersebut.
·                     Menciptakan lapangan pekerjaan dengan penghasilan yang menggiurkan untuk mereka yang memiliki bakat memasak.

2.2     KEKURANGAN

Adapun juga kekurangan F&D antara lain:
·                     F&D juga disinyalir memiliki sumber daya yang terbatas.
·                     Fitur tambahan yang belum lengkap.

2.3     PERBEDAAN DENGAN APLIKASI LAIN

Strategi proses adalah suatu upaya perusahaan, dalam menjalankan dan melaksanakan aktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Konsumen bisa langsung melihat makanan yang akan dibeli, harga yang relatif murah tidak kalah pula dengan kualitas, dan pengiriman makanan kurang dari 30 menit.

2.4     PROSEDUR PENGUNAAN

Untuk mmenikmati jasa yang kami tawarkan konsumen dengan memberikan kemudahan dengan layanan online yang kami tawarkan, dan konsumen akan mendapatkan pelayanan sebagai berikut:



BAB 3

KESIMPULAN

            Strategi pemasaran yang kami gunakan agar app dari kami dapat diterima oleh masyarakat mungkin dengan mengiklankan di beberapa media gratis terlebih dahulu seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya agar masyarakat mengetahui brand dari app kami, dengan masyarakat mengetahui app kita lambat laun mereka akan penasaran akan jasa yang kami sediakan dengan sudah adanya rasa penasaran dari masyarakat, masyarakat pun akan mulai menggunakan app yang kami iklankan tersebut dan jika sudah ada buyer kami akan meng­-upload beberapa testimoni dari buyer yang sudah menggunakan jasa dari app kami, karena masyarakat hanya butuh kepercayaan dari bisnis online seperti sekarang ini. Kita mengutamakan kejujujuran dan dari kejujuran itu kami dapat kepercayan dari pelanggan. Karena kepercayaan mahal harganya kami akan berusaha terus memuaskan pelanggan dengan secara rutin memperbaiki sistem dari kami dan kami akan menerima dan memilah saran yang masyarakat berikan kepada kami. Kami memang baru dalam bisnis ini tetapi kami tau rasanya mengalami penipuan, kami tidak ingin hal yang kami alami dialami oleh para pelanggan kami dengan maksud itu kami menjamin rasa aman jika anda menggunakan app yang kami sediakan. App kami ini menyediakan makanan dan minuman sehat disertai dengan adanya detail gizi dari beberapa makanan dan minuman yang kami jajakan dan kami juga menyediakan jasa antar kepada pelanggan agar dapat memaksimalkan kepuasan kepada pelanggan.

23 komentar:

  1. Sangat menambah ilmu pengetahuan saya kak

    BalasHapus
  2. oh jadi gitu, makasih atas ifonya mbake

    BalasHapus
  3. Oh gitu ya ael, makasih banget ya

    BalasHapus
  4. boleh nih kak kalo aplikasinya ada hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti dipikirkan lagi untuk aplikasinya hehe

      Hapus