Ide Aplikasi E-Business
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
MEMBUAT IDE E-BUSINESS “Food and Drink”
KELOMPOK 4
1. ANDRIAS ANDI
2. GEMA AGUNG D.
3. FAHMI ASH SHIDIQ
4. KARTIKA SEKAR A.
5. RAPHAELA MEDISA
S1 ADMINISTRASI BISNIS
FAKULTAS KOMUNIKASI & BISNIS
UNIVERSITAS TELKOM
2016
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 PENGERTIAN E-BUSINESS
E-Business adalah
kegiatan transaksi , jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis
melalui kegiatan elektronik/internet , dan juga perusahaan dapat
berhubungan langsung dengan customer-nya , rekan bisnis ataupun supplier. E-business juga bisa berupa iklan , mengajak seseorang untuk membeli produk kita . tanpa E-business , E-commerce hanyalah burung tanpa sayap. Salah satu fungsi nya adalah untuk mensupport bagian dari marketing , produksi , accounting , finance dan
HRM. Lebih tepatnya perusahaan menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk
menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan
keuntungan.
E-business dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok :
· Customer Relationship Management (CRM)
Strategi bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan , pendapatan dan kepuasan pelanggan
· Enterprise Resource Planning (ERP)
Strategi
bisnis dari sistem informasi perusahaan yang digunakan untuk koordinasi
Sumber daya , informasi yang digunakkan untuk proses bisnis.
· Enterprise Application Programs (EAI)
Strategi bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan saling bertukar data.
· Supply Chain Management (SCM)
Strategi Manajemen rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi.
1.2 KELEBIHAN E-BUSINESS:
a. Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
b. Memberikan nilai bisnis yang berbeda
c. Efisien
d. Peningkatan produktivitas dan keutungan
1.3 KEKURANGAN E-BUSINESS:
a. Tingkatan kriminal dalam networking yang sering terjadi menyebabkan
turunnya tingkat kepercayaan masyarakat dalam berbisnis di internet.
b. Dalam hal networking suatu
koneksi internet sangat dominan. Jika ada kesalahan atau masalah
internet maka web itu tidak dapat diakses, dan tidak menutup kemungkinan
data yang telah didapat, lenyap.
1.4 PERANAN E-BUSINESS:
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-Business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain.
1.5 PENGERTIAN E-COMMERCE:
Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan
sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang
dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah
satu jaringan yang digunakan adalah internet.
1.6 KELEBIHAN E-COMMERCE:
a. Praktek kerja yang lebih fleksibel
b. Terhubungnya masyarakat dengan masyarakat lain
c. Kemudahan akses fasilitas publik
1.7 KEKURANGAN E-COMMERCE:
a. Berkurangnya interaksi antar manusia
b. Kesenjangan sosial
c. Adanya sumber daya yang terbuang
BAB 2
ISI
2.1 LATAR BELAKANG
Jasa
sering dipandang sebagai suatu fenomena yang rumit. Kata jasa itu
sendiri mempunya banyak arti, dari mulai pelayanan pribadi sampai jasa
sebagai suatu produk. Sebenarnya banyak pakar mengemukakan mengenai apa
itu jasa, seperti yang dikemukakan oleh kotler (2004) dalam Rambat
Lupianto (2013) mendefinisikan bahwa “ Jasa adalah setiap tindakan dan
kegiatan yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lain, pada dasarnya
tidak berwujud dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan apapun.
Produksi jasa mungkin berkaitan dengan produk fisik atau tidak.”
Banyak
sekali contoh dari usaha jasa itu sendiri seperti: Jasa Reparasi,
Delivery, Salon, Rumah Sakit, sekolah dan juga transportasi yang pada
kesempatan ini kami pilih untuk kami angkat dalam food delivery usaha
jasa yang kami jalankan.
Dengan
didukung banyaknya jumlah masyarakat yang tidak sempat membeli bahkan
memasak makanan karena sibuk pada kegiatannya. Maka usaha jasa
mengantarkan makanan sangat dibutuhkan karena jasa ini memberi kemudahan
kepada konsumennya yang memakai jasa tersebut.
F&D
adalah suatu jasa pengiriman makanan yang beroperasi di Bandung
khususnya lingkungan universitas Telkom sejak tahun 2016, F&D
merupakan pionir penyedia jasa layanan pengiriman makanan profesional.
Berusaha menawarkan faktor kecepatan, keamanan, dan kenyamanan bagi para
pelanggannya. Bisa dibilang F&D pengiriman makanan yang cocok
dimanfaatkan untuk mengantarkan makanan, minuman, dessert dan
sebagainya. Terutama bagi yang tidak ada waktu untuk memasak dan malas
berpegian keluar. Kamilah solusinya.
2.1 KELEBIHAN
Beberapa kelebihan yang dimiliki F&D diantaranya menjadi pelopor layanan pengiriman makanan online di tanah air dengan merek yang mudah diingat, mengerti benar tentang pasar lokal, dan hanya fokus di layanan pengiriman makanan. Kelebihan F&D diantaranya :
· Aman, karena setiap penjual dan konsumen F&D harus
melakukan registrasi terlebih dahulu. Sehingga jika terjadi hal-hal
yang tidak diinginkan, semua dapat dilacak dengan mudah.
· Efektif serta efisien bagi konsumen maupun penjual. Dari sisi perusahaan, tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar pajak.
· Dari sisi penjual, mendapatkan bagi hasil 70% dari penghasilan kotor. Karena itulah mengapa penjual F&D dapat berpenghasilan sesuai dengan penjualan pengiriman makanan tersebut.
· Menciptakan lapangan pekerjaan dengan penghasilan yang menggiurkan untuk mereka yang memiliki bakat memasak.
2.2 KEKURANGAN
Adapun juga kekurangan F&D antara lain:
· F&D juga disinyalir memiliki sumber daya yang terbatas.
· Fitur tambahan yang belum lengkap.
2.3 PERBEDAAN DENGAN APLIKASI LAIN
Strategi
proses adalah suatu upaya perusahaan, dalam menjalankan dan
melaksanakan aktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumennya. Konsumen
bisa langsung melihat makanan yang akan dibeli, harga yang relatif
murah tidak kalah pula dengan kualitas, dan pengiriman makanan kurang
dari 30 menit.
2.4 PROSEDUR PENGUNAAN
Untuk
mmenikmati jasa yang kami tawarkan konsumen dengan memberikan kemudahan
dengan layanan online yang kami tawarkan, dan konsumen akan mendapatkan
pelayanan sebagai berikut:
BAB 3
KESIMPULAN
Strategi pemasaran yang kami gunakan agar app dari kami dapat
diterima oleh masyarakat mungkin dengan mengiklankan di beberapa media
gratis terlebih dahulu seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya
agar masyarakat mengetahui brand dari app kami, dengan masyarakat
mengetahui app kita lambat laun mereka akan penasaran akan jasa yang
kami sediakan dengan sudah adanya rasa penasaran dari masyarakat,
masyarakat pun akan mulai menggunakan app yang kami iklankan tersebut
dan jika sudah ada buyer kami akan meng-upload beberapa testimoni dari buyer yang
sudah menggunakan jasa dari app kami, karena masyarakat hanya butuh
kepercayaan dari bisnis online seperti sekarang ini. Kita mengutamakan
kejujujuran dan dari kejujuran itu kami dapat kepercayan dari pelanggan.
Karena kepercayaan mahal harganya kami akan berusaha terus memuaskan
pelanggan dengan secara rutin memperbaiki sistem dari kami dan kami akan
menerima dan memilah saran yang masyarakat berikan kepada kami. Kami
memang baru dalam bisnis ini tetapi kami tau rasanya mengalami penipuan,
kami tidak ingin hal yang kami alami dialami oleh para pelanggan kami
dengan maksud itu kami menjamin rasa aman jika anda menggunakan app yang
kami sediakan. App kami ini menyediakan makanan dan minuman sehat
disertai dengan adanya detail gizi dari beberapa makanan dan minuman
yang kami jajakan dan kami juga menyediakan jasa antar kepada pelanggan
agar dapat memaksimalkan kepuasan kepada pelanggan.
Nice
BalasHapusThank you pek
HapusWow👍
BalasHapusMantap des
HapusAelll mangattt
HapusAelll mangattt
HapusSemangat terus nih drii
Hapusmantappp aell:)
BalasHapusMakasih loh kak
HapusNice kakak
BalasHapusMakasiih kaa
HapusSangat menambah ilmu pengetahuan saya kak
BalasHapusAlhamdulillah
HapusNice kakak ><
BalasHapusmakasih loh kak
Hapusoh jadi gitu, makasih atas ifonya mbake
BalasHapussama sama ya reno
HapusOh gitu ya ael, makasih banget ya
BalasHapusiya sama sama loh
HapusIde nya keren
BalasHapusmakasih reky
Hapusboleh nih kak kalo aplikasinya ada hehe
BalasHapusnanti dipikirkan lagi untuk aplikasinya hehe
Hapus